Caylus
- Perancang: William Attia
- Ilustrator: Arnaud Demaegd , Cyril Demaegd , Mike Doyle (I)
- Penerbit: Brain Games , Edge Entertainment , Esdevium , HUCH! , Hobby Japan , Korea Boardgames co., Ltd. , Lautapelit.fi , Quined White Goblin Games , Rio Grande Games , What's Your Game? , White Goblin Games , Ystari Games , hobbity.eu , uplay.it edizioni
- Tahun Rilis: 2005
1289. To strengthen the borders of the Kingdom of France, King Philip the Fair decided to have a new castle built. For the time being, Caylus is but a humble village, but soon, workers and craftsmen will be flocking by the cartload, attracted by the great prospects. Around the building site, a city is slowly rising up.
The players embody master builders. By building the King's castle and developing the city around it, they earn prestige points and gain the King's favor. When the castle is finished, the player who has earned the most prestige wins the game. The expansion Caylus Expansion: The Jeweller was included in the 2nd Edition.
Each turn, players pay to place their workers in various buildings in the village. These buildings allow players to gather resources or money, or to build or upgrade buildings with those resources. Players can also use their resources to help build the castle itself, earning points and favors from the king, which provide larger bonuses. Building a building provides some immediate points, and potentially income throughout the game, since players receive bonuses when others use their buildings. The buildings chosen by the players have a heavy impact on the course of the game, since they determine the actions that will be available to all the players.
As new buildings are built, they stretch along a road stretching away from the castle, and not all buildings can be used every turn. Players have some control over which buildings are active by paying to influence the movement of the Provost marker. The final position of the marker is the newest building that can be used that turn. The Provost marker also helps determine the movement of the Bailiff marker, which determines the end of the game. Generally, if players are building many buildings and the Provost is generous in allowing them to be used, the game ends more quickly.
Source: https://www.boardgamegeek.com/
Klasifikasi
-
- Tipe
- Strategy
-
- Kategori
- City Building
Economic
Medieval -
- Mekanisme
- Worker Placement
-
- Family
- Caylus
Combinatorial
Country: France
Ystari originals
Belum ada Gambar untuk Caylus
Boardgame Lainnya
Emak-Emak Matic Racing Game
Marbel Firefighter - The Card Game
Pet War
Linimasa Sejarah Card Game Vol. 1 Edisi Kemerdekaan Indonesia
$tockLab
Wowo Wiwi
Keris Tanding
Waroong Wars
Bhinneka
Alkisah
Acaraki: The Java Herbalist
Candrageni
Kakak Teladan: Episode Belanja
Mahardika
Math Cat
Emisi
Senggal-Senggol Gang Damai
Chibies Vs Zombies The Board Game
Oktet
Lelang Mania
Ya, karena semuanya sudah pasti dan ditentukan dari awal. Tidak ada perbedaan dari tiap permainan. Semuanya pasti dan selalu seperti itu, yang walau sekilas pasti kalian berpikir kalau ini pasti berpengaruh ke variasi permainannya. Untungnya hal ini dibantu oleh tingkat interaksi antar pemainnya yang begitu tinggi, yang bisa mengubah cara bermain atau pengalaman setiap kali bermain.
Dalam permainan, pemain akan secara bergantian mengirim pekerja (anggap saja begitu) ke salah satu lokasi yang kosong dari beberapa lokasi yang ada pada papan permainan. Jumlah lokasinya dapat bertambah seiring permainan berjalan ketika ada pemain membangun lokasi baru. Lokasi tersebut memberikan beraneka ragam hal, salah satunya adalah sumber daya seperti batu, emas, kayu, pakaian dan makanan yang diperlukan pemain untuk membangun bangunan / lokasi baru atau berkontribusi dalam pembangunan istana raja.
Salah satu bagian yang unik dalam permainan ini adalah jalanan yang membentuk lokasi-lokasi yang mengarah ke istana. Lokasi atau bangunan baru akan dibangun sepanjang jalan ini, ketika pemain meletakkan pekerja mereka, pemain belum mendapatkan efeknya, ketika semua pemain sudah pas, barulah semua lokasi dijalankan mulai dari lokasi terdekat dengan istana hingga lokasi dimana ada Provost. Lokasi setelah provost tidak dijalankan walaupun ada pekerja milik pemain terdapat di lokasi tersebut. Pemain dapat menggerakan provost maju atau mundur dengan cara tertentu dan ini menentukan sampai mana lokasi akan dijalankan. Inilah mengapa interaksi pemain sangat tinggi disini, bisa dibilang permainan ini sangat jahat.
Walau dengan jumlah pemain 3-5 pemain, bisa dibilang permainan ini terbaik jika dimainkan oleh 3 pemain, lebih dari itu konflik pemain akan sangat tinggi.
Menurut saya Caylus merupakan salah satu permainan terbaik strategi klasik yang pernah ada.