Gloomhaven
- Perancang: Isaac Childres
- Ilustrator: Alexandr Elichev , Alvaro Nebot , Josh T. McDowell
- Penerbit: Cephalofair Games , Hobby World
- Tahun Rilis: 2017
This is a game with a persistent and changing world that is ideally played over many game sessions. After a scenario, players will make decisions on what to do, which will determine how the story continues, kind of like a “Choose Your Own Adventure” book. Playing through a scenario is a cooperative affair where players will fight against automated monsters using an innovative card system to determine the order of play and what a player does on their turn.
Each turn, a player chooses two cards to play out of their hand. The number on the top card determines their initiative for the round. Each card also has a top and bottom power, and when it is a player’s turn in the initiative order, they determine whether to use the top power of one card and the bottom power of the other, or vice-versa. Players must be careful, though, because over time they will permanently lose cards from their hands. If they take too long to clear a dungeon, they may end up exhausted and be forced to retreat.
Source: https://www.boardgamegeek.com/
Klasifikasi
-
- Tipe
- Strategy
Thematic -
- Kategori
- Adventure
Exploration
Fantasy
Fighting
Miniatures -
- Mekanisme
- Action / Movement Programming
Co-operative Play
Grid Movement
Hand Management
Modular Board
Role Playing
Simultaneous Action Selection
Storytelling
Variable Player Powers -
- Family
- Campaign Games
Components: Miniatures
Crowdfunding: Kickstarter
Gloomhaven Universe
Legacy
Solitaire Games
Belum ada Gambar untuk Gloomhaven
Boardgame Lainnya
Emak-Emak Matic Racing Game
Marbel Firefighter - The Card Game
Pet War
Linimasa Sejarah Card Game Vol. 1 Edisi Kemerdekaan Indonesia
$tockLab
Wowo Wiwi
Keris Tanding
Waroong Wars
Bhinneka
Alkisah
Acaraki: The Java Herbalist
Candrageni
Kakak Teladan: Episode Belanja
Mahardika
Math Cat
Emisi
Senggal-Senggol Gang Damai
Chibies Vs Zombies The Board Game
Oktet
Lelang Mania
1. Dunia orisinil dari imajinasi sang desainer mulai dari peta, ras, lokasi dan pembuatan karakternya.
2. Permainan Dungeon Crawling RPG yang tidak menggunakan dadu sebagai resolusi pertarungan-nya.
3. Komponen-nya sangat banyak sekali, cukup menjelaskan kenapa permainan ini bisa seberat 9,7 kg.
4. Permainan kartu yang sangat brilian dan inovatif memberikan tingkat kompleksitas yang menantang.
5. Kooperatif dengan informasi terbatas, memberikan interaksi tinggi antar pemain dan meminimalisasi alpha player yang biasa muncul dalam permainan genre ini.
6. Hingga 17 karakter bisa dimainkan. Awalnya hanya 6 karakter yang bisa dipilih dan seiring permainan berlangsung, bisa membuka karakter lainnya.
7. Karakter unik dengan aneka ragam cara bermain dan latar belakang.
8. Sistem legacy yang unik memberikan aspek world-building yang terikat dengan jalan cerita serta perkembangan karakter yang sangat unik dari tingkatan level, membuka akses untuk kartu skill yang lebih baik dan elemen deck-building pada deck modifier. Serta cerita bercabang dalam bentuk pilihan skenario dimana pemain yang akan menentukan jalan yang akan mereka ambil.
9. Sistem pensiun karakter yang bisa membuka event dan karakter baru dari personal quest yang diterima pada saat awal membuat karakter, dan juga elemen NPC (Non-playable Character) yang bisa muncul dari karakter yang telah pensiun.
10. Ai musuh yang terbagi sesuai jenis musuh (hingga 20 jenis musuh) memberikan tantangan yang sangat dinamis di setiap skenario.
Akan tetapi Gloomhaven juga memiliki kekurangan sebagai berikut:
1. Proses setup dan tear down yang cukup lama untuk permainan serumit ini akan menyita waktu
2. Menuntut komitmen dari para pemain karena bersifat campaign yang panjang. Akan tetapi sistem karakter nya memperbolehkan pemain untuk keluar masuk di setiap skenario sedikit membantu kekurangan ini.
3. Kompleksitas peraturan yang tinggi dan detil menyulitkan pemain baru karena banyak yang harus diingat dan diperhatikan.
4. Butuh meja yang cukup besar untuk semua komponen pada saat bermain. Berat permainannya juga menyulitkan untuk dibawa kemana-mana.
5. Bukan permainan miniatur, jadi kualitas miniatur-nya tidak sebaik Blood Rage atau Rising Sun. Gloomhaven menjadi yang terbaik bukan karena komponennya.
6. Bukan ditujukan sebagai permainan solitaire karena daya tarik dari interaksi antar pemain.
Jelaslah Gloomhaven adalah permainan nomor 1 menurut saya.