Di dalam boardgame Little Town, kita akan berada di tanah yang indah dan kaya akan sumber daya. Lokasi tersebut sangat ideal untuk membangun kota bahkan kota yang indah. Boardgame ini dapat dimainkan 2-4 pemain selama kurang lebih 45 menit.
Daftar Komponen
Berikut daftar komponen di dalam boardgame Little Town:
- 1 Board
- 1 Round token
- 1 First Player token
- 29 Building Tiles
- 15 Objective Cards
- 20 Workers (5 putih, 5 oranye, 5 merah, 5 ungu)
- 28 Houses (7 putih, 7 oranye, 7 merah, 7 ungu)
- 60 Cubes (15 kayu, 15 batu, 15 ikan, 15 gandum)
- 24 Coins (16 koin bernilai satu, 8 koin bernilai tiga)
- 4 Victory Points token
- 4 Token bernilai 60
- 1 Rulebook
- 1 Gameplay aid
Tujuan Game
Setiap gilirannya pemain menempatkan sebuah worker ke dalam board. Dapatkan sumber daya dan aktifkan bangunan terdekat. Posisikan pekerja-pekerja kita dengan hati-hati, bangun di tempat yang tepat dan antisipasi pergerakan musuh sehingga kita bisa mendapatkan keuntungan yang paling maksimal dan keluar sebagai pemenang.
Elemen-elemen Game
Berikut adalah elemen-elemen game dan fungsinya:
- Building Tiles.
Komponen ini merepresentasikan bangunan yang kita bangun. Setiap tile memiliki Cost (biaya yang dibayar dengan resources), nilai VP (Victory Points) dan Effect khusus ketika ditempatkan. - Objective Cards
Setiap pemain akan mendapatkan kartu objektif ketika permainan dimulai. Ketika kartu objektif terpenuhi, maka pemain tersebut akan mendapatkan VP tambahan. - Game Board
Papan utama yang merepresentasikan area di mana kita bisa membangun kota di atas danau, hutan, gunung dan rumput. Terdapat 2 macam layout papan untuk menambahkan variasi permainan. Di bagian bawah kita akan melihat Construction Site, Market, Score Track dan Round Track. - Worker Tokens
Token ini berguna untuk mendapatkan sumber daya, membangun dan mengaktifkan bangunan. Jumlah token pekerja yang didapatkan setiap pemain, bergantung berapa jumlah pemain yang bermain boardgame ini. - Resource cubes
Cube berwarna cokelat merepresentasikan kayu, cube berwarna abu-abu merepresentasikan batu, cube berwarna biru merepresentasikan ikan dan cube berwarna kuning merepresentasikan gandum. Resources cubes ini dapat kita gunakan untuk membeli Building Tile atau memberi makan Worker Token. - House tokens
Token ini nantinya diletakkan di atas Building Tile yang mengindikasikan bangunan tersebut adalah milik pemain tertentu. - Coin tokens
Koin ini dapat digunakan untuk mengaktifkan bangunan milik lawan atau dapat juga digunakan sebagai pengganti Resources. - 60 tokens
Token ini digunakan apabila VP pemain sudah melewati 60. - Victory Point pawns
Token ini digunakan di dalam Score Track untuk mencatat VP setiap pemain. - First player token
Token ini digunakan untuk mencatat siapa pemain pertama di setiap ronde. - Round token
Token ini akan bergerak di Round Track dan mencatat berapa ronde yang saat ini aktif.
Persiapan
- Letakkan game board di tengah yang bisa dijangkau oleh semua pemain.
- Letakkan 5 Wheat Field building tiles secara bertumpuk di market. Kemudian kocok semua Building Tiles untuk kemudian ambil 12 secara acak dan tempatkan di setiap spot yang tersedia di Market. Saran: untuk awal bermain, gunakan Building Tile yang ada tanda burungnya.
- Kocok Objective Cards kemudian bagikan kepada setiap pemain. 4 kartu jika bermain 2 orang, 3 kartu jika bermain 3 orang, dan 2 kartu jika bermain 4 orang.
- Setiap pemain akan memilih warnanya masing-masing kemudian setiap pemain akan mendapatkan Worker dan House sesuai dengan warna pilihannya. Untuk 2 pemain (5 worker dan 7 house), untuk 3 pemain (4 worker dan 6 house) dan untuk 4 pemain (3 worker dan 6 house).
- Letakkan setiap Victory Point Pawn di dalam Score Track pada posisi 0.
- Letakkan Round Token pada angka 1 di Round Track.
- Letakkan Resouces cubes, Coin tokens dan 60 tokens di dekat game board sebagai persediaan.
- Setiap pemain akan mendapatkan 3 koin bernilai satu dan letakkan masing-masing di depannya.
- Pemain pertama dipilih secara acak. Pemain pertama akan ditandai dengan meletakkan First Player token di depannya.
Cara Bermain
Permainan akan berjalan selama 4 ronde. Setiap pemain pada gilirannya akan melakukan salah satu dari 2 aksi sebagai berikut:
- Gather and Activate
- Build a Building
Setiap aksi membutuhkan seorang Worker. Setiap ronde akan selesai, apabila semua pemain telah meletakkan semua worker mereka di papan.
GATHER AND ACTIVATE
Pada gilirannya, pemain dapat memilih untuk meletakkan Worker di dalam papan. Ingat, worker hanya bisa ditempatkan di rumput yang kosong. Setiap lokasi yang sudah ada Worker atau Bangunan tidak akan bisa ditempati Worker lain. Begitu juga dengan Hutan, Gunung dan Danau. Seorang worker dapat mengambil Resources dan mengaktifkan Building pada 8 lokasi di sekitarnya secara adjacent (diagonal).
Gather Resources
Hutan, gunung dan danau memungkinkan worker untuk mengambil masing-masing kayu, batu dan ikan. Ambil resources yang dibutuhkan dan taruh di depan pemain. Apabila persediaan sumber daya telah habis, berarti tidak bisa mengambil lagi.
Sebagai contoh apabila di dekat worker terdapat hutan (1 space) dan danau (2 space), maka pemain dapat mengambil 1 kayu dan 2 ikan sekaligus.
Activate Building
Jika kita menempatkan worker pada posisi adjacent (berdekatan) satu atau lebih Building Tile, maka kita bisa mengaktifkan dan mengambil keuntungan dari efek bangunan tersebut.
Jika kita ingin mendapatkan keuntungan dari bangunan yang dimiliki oleh pemain lain, maka kita harus membayar 1 koin kepada pemilik bangunan untuk mengaktifkan.
Sebuah bangunan hanya boleh diaktifasi satu kali untuk setiap worker, yang artinya kita hanya mendapatkan benefit sebanyak satu kali untuk setiap aktivasi.
Sebagai contoh apabila di dekat worker terdapat hutan (1 space), danau (2 space) dan 1 bangunan Wheat Field, maka pemain dapat mengambil 1 kayu, 2 ikan dan 1 gandum sekaligus.
Macam Tipe Efek Bangunan
Terdapat 2 macam tipe efek pada bangunan yaitu:
- Mendapatkan Resource (tanda tanya, koin atau VP - bintang)
- Menukar Resource (tanda tanya dan koin untuk ditukar dengan tanda tanya, koin atau VP)
Jika terdapat banyak resouces dan tile di sekitar worker, kita bisa mengaktifkan dengan urutan bebas. Sehingga bisa saja kita mengambil resources yang dibutuhkan untuk mengaktifkan building tile yang lain. Sebagai catatan tambahan, apabila ada tanda Timer (jam) di dalam building tile, maka efek hanya akan aktif setelah ronde berakhir.
BUILD A BUILDING
Untuk membangun Building, ada urutan yang harus dilakukan sebagai berikut:
- Letakkan seorang Worker (yang belum terpakai) di atas area Construction Site.
- Pilih sebuah Building Tile yang ada di Market.
- Bayar sesuai dengan sumber daya yang dibutuhkan. Taruh sumber daya tersebut di persediaan.
- Letakkan Building Tile yang dipilih di lokasi rumput yang kosong pada papan permainan.
- Sekali tile diletakkan, maka letakkan juga satu House Token sesuai warna pemain sebagai tanda kepemilikan.
- Gerakkan VP (Victory Point) pada Score Track sesuai dengan jumlah VP yang tertera pada Tile tersebut.
Sebagai catatan tambahan, pemain tidak akan bisa membangun apabila tidak memiliki cukup Sumber Daya, Koin atau Rumah.
AKSI TAMBAHAN
Sebagai tambahan, ketika giliran kita berakhir mungkin akan ada 2 tambahan aksi yang bisa dilakukan yaitu:
Menyelesaikan Kartu Objektif
Ketika kondisi pada kartu objektif terpenuhi, maka langsung aktif dan pemain langsung mendapatkan VP sesuai yang tertera di dalam kartu. Kartu objektif yang sudah terpenuhi, langsung dibuang. Di akhir permainan, tidak ada hukuman atau pengurangan nilai jika kartu objektif tidak terpenuhi.
Menukar Koin untuk Sumber Daya
Kita bisa menukar koin menjadi sumber daya tertentu kapan saja (tidak harus menunggu giliran selesai). Kita bisa menukar 3 koin menjadi 1 sumber daya (bebas pilih yang mana).
Akhir Ronde
Ketika pemain telah selesai menempatkan Worker mereka, maka ronde tersebut berakhir. Ketika ronde berakhir, maka ada 3 hal yang harus dilakukan yaitu:
1. Aktifkan Efek dari Bangunan Spesial
Bangunan spesial memiliki tanda timer (jam) dan efeknya hanya akan aktif ketika ronde selesai. Dengan kata lain, efek dari bangunan tersebut hanya akan aktif di akhir ronde.
2. Memberi Makan Worker
Di akhir ronde, setiap pemain harus memberi makan pekerja mereka dimulai dari pemain pertama. Untuk setiap pekerja, kita membutuhkan Ikan atau Gandum. Setiap pekerja yang tidak bisa diberikan makan, maka pemain akan kena penalti 3 VP (-3 Victory Point). Apabila nilai di bawah 0, maka posisi akan tetap berada pada angka 0.
3. Persiapan Ronde Berikutnya
Persiapan ronde berikutnya mengikuti petunjuk sebagai berikut:
- Setiap pemain mengambil semua worker mereka dari papan
- Memajukan Round Token 1 langkah
- Memindahkan First Player Token ke sebelah pemain pertama searah jarum jam
Khusus untuk permainan dengan 3 anggota pemain, pada ronde ke-4 pemain pertama adalah pemain dengan nilai VP yang paling rendah.
Akhir Permainan
Ketika ronde 4 selesai, maka kita akan memasuki akhir permainan. Pada akhir permainan, kita akan menyelesaikan perhitungan VP dengan aturan sebagai berikut:
- tambahan VP untuk setiap Castle dan Watchtower sesuai dengan nilainya
- tambahan 1 VP untuk setiap 3 koin yang tersisa
- pemain dengan total VP tertinggi akan memenangkan permainan
- apabila nilai sama, maka akan para pemain akan berbagi kemenangan
Informasi
- Designer: Shun et Aya Taguchi
- Illustrator: Sabrina Miramon
- Project Manager: Ludovic Papais
- Editor: Delphine Brennan
- Reviewer: Xavier Taverne and Alain Wernert
- Graphic Designer: Melaine Walryck
- Translator: Timothy Marcroft
- Penulis Tutorial ini: Andi Taru